Cara Membuat Blog Sendiri Gratis Untuk Pemula

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog terkadang dirasa sangat sulit, khususnya untuk para pemula atau orang yang baru mengenal dunia blogging. Yang ada di pikiran mereka mungkin seperti 'buat blog susah, ribet'. Padahal pemikiran seperti itu tidak sepenuhnya benar, karena pada dasarnya cara membuat blog itu mudah, dan bisa dibilang sangat praktis, karena kita tinggal klik tombol buat blog lalu memasukkan judul dan nama blog, sudah selesai, blog pun sudah berhasil kita buat.

Namun saya yakin omongan tak semudah tindakan, untuk itu disini saya berencana untuk menginformasikan kepada Anda mengenai Cara Membuat Blog dimulai dari dasar sampai blog tersebut benar-benar jadi dan siap untuk disajikan digunakan.

Oke, kita mulai langsung Cara Membuat Blog yang pertama yaitu persiapkan terlebih dahulu Email Gratis dari Google, caranya silahkan Anda daftar atau registrasi melalui Link ini : https://mail.google.com/


Cara Membuat Blog


Saya anggap Anda sudah selesai membuat email, atau dengan kata lain, disini saya anggap Anda sudah mempunyai Akun Gmail. Sekarang saatnya kita masuk pada langkah pembuatan Blog.

  1. Silahkan kunjungi Blogger.com

    Cara Membuat Blog 1
    Cara Membuat Blog (Gbr. 1)

    Masukkan alamat Email atau Gmail Anda dan tak lupa password juga, lalu klik Sign In.

  2. Klik tombol Blog Baru

    Cara Membuat Blog 2
    Cara Membuat Blog (Gbr. 2)

    Jika Anda bingung letak tombol buat Blog Baru, silahkan Perhatikan gambar diatas. Tunggu hingga muncul Pop Up.

  3. Masukkan Judul dan Alamat Blog

    Cara Membuat Blog 3
    Cara Membuat Blog (Gbr. 3)

    Judul disini maksudnya adalah Judul Blog Anda, sementara Alamata adalah ya alamat Blog Anda yang nantinya digunakan untuk mengakses situs tersebut.

Dari sini Anda sudah berhasil menyelesaikan Cara Membuat Blog atau bisa dibilang Blog Baru sudah berhasil Anda buat. Lalu apa ? selanjutnya kita akan membuat artikel. Untuk buat artikel di Blog sebenarnya tidak terlalu susah, selama kita sudah mempunyai Artikelnya (ya iyalah).

Perlu dicatat, disini saya tidak mengajarkan menulis ya, melainkan lebih kepada contoh atau cara buat artikel baru. Selengkapnya silahkan perhatikan tutorialnya dibawah ini.


Cara Membuat Tulisan Baru di Blog


Buat Artikel Baru di Blog saya yakin tidak akan menjadi masalah untuk Anda, karena jika Anda melihat pada Dasbor atau halaman depan Blogger maka akan terlihat icon pensil, nah jika Anda klik icon tersebut, maka Anda akan membuka halaman baru untuk buat artikel di Blog. Atau jika masih kurang jelas silahkan perhatikan cara membuat artikel blog dibawah ini.

  1. Masuk Dasbor

    Cara Membuat Artikel di Blog 1
    Cara Membuat Artikel di Blog (Gbr. 1)

    Untuk masuk ke dasbor, silahkan Anda kunjungi link ini https://www.blogger.com/home lalu klik nama blog yang ingin Anda beri Artikel

  2. Masuk ke Menu Pos

    Cara Membuat Artikel di Blog 2
    Cara Membuat Artikel di Blog (Gbr. 2)

    Perhatikan gambar diatas, ada tombol Buat Entri Baru, klik saja tombol tersebut dan nantinya Anda akan dibawah ke Text Editor Blogger.

  3. Inilah Text Editor Blogger

    Cara Membuat Artikel di Blog 3
    Cara Membuat Artikel di Blog (Gbr. 3)

    Text Editor Blogger ini adalah tempat untuk Anda membuata Artikel,  mulai dari berbagi Teks, Foto maupun Video. Cara menggunakannya cukup mudah. Disana ada dua kolom, yaitu kolom atas dan bawah. Kolom atas bisa Anda isikan judul dan kolom bawah isikan Artikelnya. Dan nanti Anda juga akan diberikan dua mode dalam mengedit artikel yaitu :

    • Mode Teks
    • Mode HTML

    Perbedaanya hanya pada pendeklarasiannya, jika Anda menulis kode HTML di Mode Teks maka, kode HTML tersebut tidak akan diterjemahkan, melainkan tetap akan menjadi kode HTML Murni. Berbeda jika Anda menuliskan kode HTML di Mode HTML, maka dengan begitu kode HTML yang Anda tuliskan tadi akan dideklarasikan atau diterjemahkan.

Dan untuk mempublikasikan artikel yang sudah Anda buat, bisa dengan cara klik tombol Publikasikan.

Saya rasa sudah cukup jelas penjelasan saya mengenai Cara Membuat Blog dan juga Cara Membuat Artikel di Blog. Untuk itu saya ijin pamit, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk teman-teman yang sedang berjuang buat blog di Blogger.
Tolong Bagikan ke →

0 Response to "Cara Membuat Blog Sendiri Gratis Untuk Pemula"

Posting Komentar